Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Ispring Suite Pada Materi Menentukan Keliling Bangun Datar di Kelas V Sekolah Dasar

  • Mala Cania Universitas Negeri Padang
  • Yetti Ariani
Keywords: Media Pembelajaran, Ispring Suite, ADDIE

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan yang ditemukan di lapangan, yaitu kurangnya pemanfaatan teknologi untuk mengembangkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran oleh guru. Media pembelajaran yang sering digunakan guru berupa buku guru, buku siswa, LKS dan papan tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Ispring Suite pada Materi Menentukan Keliling Bangun Datar di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE. Proses penelitian dengan model ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (eveluation). Media pembelajaran yang dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi materi, validasi bahasa, dan validasi media. Untuk praktikalitas produk dilakukan dengan pengisisan angket respon guru dan respon peserta didik. Hasil dari penelitian media pembelajaran berbasis aplikasi Ispring Suite memperoleh tingkat ke validan 95% dari aspek materi, 90% dari aspek bahasa, dan 93% dari aspek media dengan kategori sangat valid. Untuk hasil uji praktikalitas respon guru memperoleh nilai rata-rata 97% dan respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata 98% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Ispring Suite Pada Materi Menentukan Keliling Bangun Datar di Kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis sebagai media pembelajaran.

Published
2024-08-07