Analisis Nilai Karakter Rasa Ingin Tahu Dalam Cerita Dongeng Pada Buku Siswa Kelas III SD
Analisis Nilai Karakter
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan nilai karakter rasa ingin tahu pada cerita dongeng yang terdapat pada buku siswa kelas III SD. Digunakan metode kualitatif pada penelitian ini sementara jenis data yang dipergunakan yakni analisis konten, data yang dikumpulkan dengan teknik Lavrakas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Analisis Nilai Karakter Rasa Ingin Tahu Dalam Cerita Dongeng Pada Buku Siswa Kelas III SD dapat disimpulakan sebagai berikut: dari 11 dongeng, 4 diantaranya terdapat nilai karakter rasa ingin tahu yang dibuktikan dari indikator rasa ingin tahu, dari 5 indikator ditemukan 2 indikator yang terdapat dicerita dongeng yaitu Antusias Mencari Jawaban (AMJ), Penasaran Terhadap Sesuatu (PTS).