Pengaruh Penggunaan Model Two Stay-Two Stray (Dua Tinggal - Dua Tamu) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP N 1 Batang Kapas
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut, siswa mengalami kesulitan dalam menemukan ide atau gagasan dalam tulisannya, siswa kesulitan memahami proses penulisan teks deskripsi, siswa masih kesulitan memahami struktur teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Two Stay-Two Stray (Dua Tamu-Dua Tinggal) terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII Negeri 1 Batang Kapas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kapas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kapas yang berjumlah 57 orang, kelas kontrol 28 orang dan kelas eksperimen 29 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks deskripsi tanpa dan dengan menggunakan model Two Stay-Two Stray (Dua Tamu-Dua Tinggal) pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kapas. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model two stay two stray (dua tinggal dua tamu) terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP N 1 Batang Kapas karena thitung= 4,46 dan ttabel = 1,67 kriteria pengujian t diterima jika thitung> ttabeldengan kata lain H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian penggunaan model two stay two stray (dua tinggal dua tamu) berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP N 1 Batang Kapas.