Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran SIRE Terhadap Keterampilan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 23 Padang

  • Mutia Anugerah Ilahi Universitas PGRI
  • Ria Satini
  • Lira Hayu Afdetis Mana
Keywords: Pengaruh, Metode SIRE, Menelaah, Teks Berita

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalah siswa belum terampil dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks berita dengan baik, siswa kesulitan dalam menentukan struktur teks berita, dan sebagian besar siswa hanya menyukai bahan bacaan berupa karya sastra sedangkan untuk materi pembelajaran siswa kurang menyukainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode pembelajaran SIRE terhadap keterampilan menelaah struktur dan kebahasaan teks berita siswa kelas VIII SMPN 23 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dan design Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 23 Padang. Di mana sampel terdiri dari 3 kelas yaitu siswa kelas VIII 3, kelas VIII 7 dan kelas VIII 8 dengan teknik penarikan sampel simple random sampling. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menelaah struktur dan kebahasaan teks berita tanpa dan dengan menggunakan metode pembelajaran SIRE. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan. Pertama, keterampilan siswa dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks berita tanpa menggunakan metode pembelajaran SIRE memperoleh nilai rata-rata 68,45 pada tingkat penguasaan  66-75% dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Kedua, keterampilan siswa dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks berita dengan menggunakan metode pembelajaran SIRE memperoleh nilai rata-rata 76,77 pada tingkat penguasaan 76-85% dengan kualifikasi Baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil analisis data terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran SIRE terhadap keterampilan menelaah struktur dan kebahasaan teks berita siswa kelas VIII SMPN 23 Padang. Hal ini terlihat bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikansi 95% dan dk = n1 + n2 – 2 karena thitung > ttabel (5,10 >1,67).

Published
2022-03-26