Penggunaan Model Everyone is Teacher Here untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu oleh guru yang belum optiumal sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Everyone is Teacher Here Di Kelas IV SDN 09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I 85% (baik) dan siklus II 95% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I 85% (baik) dan siklus II 92.5% (sangat baik), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I 86.25% (baik), dan siklus II 92.5% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 77,34 dan siklus II dengan rata-rata 88,50. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model everyone is teacher here dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.