Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas V Sekolah Dasar

  • Nivetiken Universitas Negeri Padang
  • Farida S Universitas Negeri Padang
Keywords: Learning process, Integrated thematic, Numbered Head Together

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan-kenyataan yang ditemukan di lapangan yaitu guru tidak mengembangkan RPP yang terdapat pada buku guru, pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan proses belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu belum maksimal. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together di kelas V SD Negeri 26 Air Tawar Timur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan yaitu kualititatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian yaitu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari bertetapan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SD Negeri 26 Air Tawar Timur dimana tercatat peserta didik sebanyak 20 orang, 10 orang peserta didik laki-laki dan 10 orang peserta didik perempuan. Instrumen penelitian adalah lembar observasi berupa lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan aspek guru dan lembar pengamatan aspek peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan tiga kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam a) Perencanaan siklus I memperoleh nilai rata-rata 83,33% dengan kualifikasi cukup (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) Pelaksanaan pembelajaran siklus I aspek guru memperoleh nilai rata-rata 82,81% dengan kualifikasi cukup (B) , meningkat pada siklus II aspek guru memperoleh nilai 93,75%, dengan kualifikasi sangat baik (SB), aspek peserta didik memperoleh nilai 82,81% dengan kualifikasi cukup (B), meningkat siklus II aspek peserta didik memperoleh nilai 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan proses belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 26 Air Tawar Timur.

Published
2022-04-10