Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu di Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

  • Aulia Delvira UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Nur Azmi Alwi
Keywords: Make a Match, Hasil Belajar, Tematik Terpadu

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari penerapan model Kooperatif Tipe Make a Match terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Gugus IV Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam pada tema 7 “Peristiwa dalam Kehidupan”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas V SD 46 Batu Hampar sebagai kelompok eksperimen dan peserta didik kelas V SD 08 Balai Selasa sebagai kelompok kontrol yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berbentuk pilihan ganda yang sudah melewati tahap validasi oleh validator dan uji coba soal. Teknik analisis yang digunakan mengandung novelty, yaitu uji-t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji n-gain score diperoleh rata-rata peningkatan terhadap kelompok eksperimen yaitu sebesar 39,73% lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang hanya sebesar 18,20%. Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai R sebesar 0,974 berarti keeratan hubungan antar variabel sangat kuat dan arahnya positif. Hasil uji koefisien determinasi diketahui bahwa model Make a Match dapat mempengaruhi hasil belajar sebesar 94,9%. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Kooperatif tipe Make a Match memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar tematik terpadu di kelas V SD Gugus IV Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Published
2022-04-10