Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Di Kelas IV SDN 0204 Pembangunan Kabupaten Padang Lawas

  • Annisa Amelia Tanjung universitas Negeri Padang
  • Elfia Sukma
  • Nur Azmi Alwi
Keywords: Model Kooperatif tipe Teams Games Tournaments, pembelajaran tematik terpadu, hasil belajar

Abstract

Hasil pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar (SD) saat ini belum memuaskan karena tidak terlaksana sesuai dengan tuntutan pembelajaran tematik terpadu, untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournaments (TGT) dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model TGT dalam pembelajaran tematik terpadu manfaat dari penelitian ini ialah untuk memberikan inovasi model pembelajaran TGT.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini diawali dengan perencanaan, pelaksanaan pengamatan, dan refleksi. Teknik pengaumpulan data berupa observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN 0204 Pembangunan Kabupaten Padang Lawas sebanyak 25 orang.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I memperoleh rata-rata 80,55% (B), siklus II 94,44% (SB); b) pelaksanaan pada aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata 82,14% (B) dan siklus II 92,85% (SB); c) pelaksanaan pada aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 83,92% (B) dan siklus II 92,85% (SB); d) hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 70,81 (C) dan siklus II 87,51 (B). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 0204 Pembangunan Kabupaten Padang Lawas.

Published
2022-04-13