Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di Kelas V UPT SDN 19 Pasar Lama Kabupaten Pesisir Selatan

  • Olivia Wandana Putri Universitas Negeri Padang
  • Muhammadi Muhammadi Universitas Negeri Padang
Keywords: hasil belajar, tematik terpadu, CIRC

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V UPT SDN 19 Pasar Lama Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V UPT SDN 19 Pasar Lama Kabupaten Pesisir Selatan dengan jumlah peserta didik sebanyak 21 orang pada semester Juli-Desember tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) siklus I diperoleh rata-rata 87,5% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95% (SB). Kedua, Hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 82,14% (B), meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (SB). Ketiga, Hasil pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 82,14% (B) , meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (SB). Keempat, Hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 71,88 % (C), meningkat pada siklus II menjadi 85,24% (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas V UPT SDN 19 Pasar Lama Kabupaten Pesisir Selatan.

Published
2022-04-19