Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Strategi Card Sort di Kelas IV SD Negeri 11 Tanjung Alai Kabupaten Pasaman
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas IV SD Negeri 11 Tanjung Alai Kabupaten Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan strategi Card Sort di kelas IV SD Negeri 11 Tanjung Alai Kabupaten Pasaman..
Penelitian ini diksanakan di SD Negeri 11 Tanjung Alai Kabupaten Pasaman dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta peserta didik di kelas IV dengan jumlah 21 orang peserta didik 9 orang peserta didik perempuang 12 orang peserta didik laki-laki. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 3 minggu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata skor 81,5% dan pada siklus II diperoleh skor 94% (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 84% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 95% (Sangat Baik). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 82% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 92% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 71 (Cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 90 (Baik). Dengan demikian strategi Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Tematik Terpadu, Strategi Card Sort