Pengembangan Media Video Berbasis KineMaster Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media pembelajaran berbasis IT yang dapat memotivasi dan menarik minat belajar peserta didik. Sehingga, peserta didik kurang tertarik dan sulit mamahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran KineMaster pada pembelajaran tematik terpadu yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan media pembelajaran yang dihasilkan mencapai tingkat validitas 91,25% untuk materi, 86% untuk kebahasaan dan 87% untuk media dengan kategori valid, tingkat praktikalitas oleh guru 86% dengan kategori sangat praktis dan tingkat kepraktisan oleh siswa 92% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis KineMaster pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.