Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Di Sekolah Dasar

  • Miga Try Amalia universitas negeri padang
  • Yunisrul Yunisrul Universitas Negeri Padang
Keywords: Tematik terpadu, Model Student Facilitator and Explaining, SFAE

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  peningkatan hasil belajar tematik terpadu. Penelitian dilakukan di SD N 10 Sapiran Kota Bukittinggi menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Facilitator and Explaining. Subjek penelitian adalah guru (praktisi) dan 12 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata 86,2 dengan kategori baik (B) dan siklus II  92,5% dengan kategori sangat baik (A), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus memperoleh rata-rata 84,3% dengan kategori baik (B), dan siklus II 93,75% dengan kategori (A), sedangkan pada aspek peserta didik memperoleh rata-rata 80,7% dengan kategori baik (B), dan siklus II 90,6% dengan kategori sangat baik (A), c) Penilaian hasil belajar terhadap peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 76,32 dan siklus II memperoleh rata-rata 90,6. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining (SFAE) dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa di Sekolah Dasar.

Published
2022-05-21