Hasil Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Model Project Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar

  • Pazirah Universitas Negeri Padang
  • Yanti Fitria
Keywords: Bahan Ajar, Pembelajaran Tematik Terpadu, PJBL

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi belum adanya bahan ajar yang dikembangkan sendiri oleh guru. Guru masih terpaku dengan buku yan disediakan pemerintah, padahal sangat dituntut kreatifitas guru untuk menggunakan buku paket tersebut. Salah satu caranya dengan mengembangkan bahan ajar sebagai suplemen buku yang tersedia. Sumber belajar yang digunakan guru masih menuntut pada Teacher Centered, sehingga peserta didik tidak aktif di dalam pembelajaran, serta sumber belajar yang tersedia belum dapat membantu peserta didik untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik terpadu berbasis model Project Based Learning pada tema 8 untuk kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian Research & Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Produk diuji kevalidannya oleh ahli meteri, ahli kebahasaan, dan ahli penyajian serta kegrafikan. Produk yang dikembangkan diuji cobakan di kelas V B SDN 10 Sapiran. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan lembar validasi, angket respon guru, dan angket respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini diperoleh sebuah bahan tematik terpadu berbasis model Project Based Learning pada tema 8 untuk kelas V Sekolah Dasar. Hasil uji validitas bahan ajar secara keseluruhan oleh tiga orang validator memperoleh nilai rata-rata 91,75% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas bahan ajar oleh guru memperoleh nilai 94% dan hasil uji coba praktikalitas oleh peserta didik memperoleh nilai 95,69% dengan kriteria sangat praktis.

Published
2022-04-26