Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Canva untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi telah masuk pada semua bidang termasuk pada bidang pendidikan. Namun kenyataan yang ditemukan di lapangan penggunaan media pembelajaran yang bersifat konvesional masih banyak ditemukan, guru belum mampu memanfaatkan teknologi untuk membuat sebuah pembaharuan dalam media pembelajaran. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah, “Bagaimanakah kevalidan dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran tematik terpadu menggunakan Canva untuk siswa kelas III Sekolah Dasar?”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran tematik terpadu menggunakan Canva di kelas III SD yang Valid dan Praktis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. Dengan tahap Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SDI Syech M Djamil Djambek Bukittinggi. Media Pembelajaran yang dirancang divalidasi oleh validator kemudian diujicobakan di kelas III SDI Syech M Djamil Djambek Bukittinggi untuk mengetahui praktikalitas media pembelajaran tematik terpadu yang dikembangkan.
Hasil penelitian yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas media pembelajaran tematik terpadu dengan jumlah keseluruhan nilai validasi 88,3% dalam kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji coba melihat pratikalitas media pembelajaran dinyatakan sangat praktis. Hal ini terlihat dari hasil respon guru dan hasil respon peserta didik. Dimana angket respon guru mendapat nilai 96,8% dengan kategori sangat praktis dan angket respon dari 19 peserta didik mendapat nilai 95,1%, dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, media pembelajaran tematik terpadu menggunakan Canva di kelas III SD yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis