Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Discovery Learning Pada Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini berawal dari studi kasus yang dilakukan di beberapa Sekolah Dasar Batipuh dimana penggunaan media dalam pembelajaran yang masih konvensional di dalam kelas III. Kemajuan teknologi yang semakin pesat dalam berbagai bidang termasuk dalam bidang pendidikan. Dalam dunia pendidikan dengan kemajuan IPTEK telah banyak membawa pengaruh serta perubahan untuk kemajuan dalam bidang pendidikan. Pada dunia pendidikan telah di gunakan berbagai teknologi guna menunjang kemajuan dalam bidang pendidikan, seperti penggunaan teknologi seperti Handphone, laptop, dan lain-lain. Teknologi tersebut berfungsi sebagai media dalam belajar seperti penggunaan aplikasi belajar, video pembelajaran, edmodo, e-learning dan lain. Dalam penguji cobaan produk tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang merupakan model pembelajaran inovatif dimana siswa dapat aktif secara lansung dalam proses pembelajaran serta siswa dapat menemukan sendiri pembelajarannya. Berdasarkan hasil study kasus di beberapa SD di Batipuh masih menggunakan media konvensional seperti media pajangan gambar serta benda kontrit lainya. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik mengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 berbasis Discovery Lerning di kelas III yang valid dan praktis. Hasil penelitian dari media pembelajaran yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas bahan ajar dengan jumlah keseluruhan nilai validasi 86 dalam kategori valid. Hal ini terlihat juga dari hasil respon guru 82% dan hasil respon siswa 95% dengan kategori praktis. Dengan demikian, media pembelajaran menggunakan Articulate Storyline 3 berbasis Discovery Learning di nyatakan valid dengan kategori valid dan praktis