Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 23 Guguak Randah Kabupaten Agam

  • Anita Dara Putri Universitas Negeri Padang
  • Zuryanty
Keywords: Model Cooperatif, learning Tipe, Number Head Together,, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, disebabkan guru terlihat belum melaksanakan pembelajaran tematik terpadu, kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru,sehingga pada saat kegiatan pembelajaran siswa terlihat kurang semangat, dab siswa kurang bekerjasama dalam berdiskusi. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan penerapan model Cooperative Learning TipeNumber Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 23 Guguak Randah Kabupaten Agam Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya,penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kalipertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Meliputi empat tahapyaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjekpenelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 15orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan a) RPP pada siklus I dengan rata-rata nilai adalah 83,33% (Baik), nilai meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (Sangat Baik). b) Penilaian pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus Idengan rata-rata nilai 75% (Cukup), nilai meningkat pada siklus II menjadi 96,87% (Sangat Baik), c) Aspek siswa siklus I dengan rata-rata nilai 75% (Cukup), nilai meningkat pada siklus IImenjadi 93,75% (Sangat Baik), d) Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 70,10% , nilai meningkat pada siklus II menjadi 83,60%. Dengan demikian model Kooperatif TipeNumber Head Together telah dapat meningkatkan Hasil Belajarsiswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 23 Guguak Randah Kabupaten Agam

Published
2022-05-24