Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sdn 01 Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota
Abstract
Dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dan pada proses pembelajaran kurang menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan siswa salah satunya belum menggunakan model pembelajaran diskusi sehingga pada pembelajaran masih terkesan biasa, dan penilaian dalam pembelajaran cendrung kepada pengetahuan sedangkan untuk sikap dan keterampilan kurang terlihat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Index Card Match di kelas V SDN 01 Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 01 Sarilamak dengan jumlah 16 orang siswa..Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 82,9% (baik), dan siklus II 90,0% (Sangat Baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 81,9%(Baik) dan siklus II 94,4% (sangat baik), sedangkan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 81,9% (baik), dan siklus II 91,6% (sangat baik), c) Penilaian terhadap siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 72,3 dan siklus II dengan rata-rata 88,2. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.