Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas III SDN 11 Campago Guguak Bulek
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu oleh guru yang belum optimal sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Picture And Picture di Kelas III SDN 11 Campago Guguak Bulek. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas III. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I memperoleh rata-rata 79,54% (C), siklus II 95,45% (SB); b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 81,25% (B) dan siklus II 91,66% (SB);c) pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 81,25 % (B) dan siklus II 91,66 % (SB); d) hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata- rata 72,34 % (C) dan siklus 99,30 % (SB).