Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Serta hubungan Pangkat Dua dan Akar Pangkat Dua Menggunaka Media Audio Visual dengan Model Discovery Learning di SDN 08 Kinali Kabupaten Pasaman Barat

  • Dina Walina Sari Universitas Negeri Padang
  • Masniladevi Universitas Negeri Padang
Keywords: Media Audio Visual, Model Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan peningkatan hasil belajar keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dan akar pangkat dua menggunakan media audio visual dengan model discovery learning di kelas IV SDN 08 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV sebanyak 32 orang. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan 1 pada aspek RPP rata-rata 88.89% (baik), meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 94,44%  (sangat baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 97,22%  (sangat baik).  Pelaksanaan siklus I pertemuan 1 pada aspek aktivitas guru dengan rata-rata 84,37%  (baik), meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 93,75% (sangat baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 96,87%  (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pertemuan 1 pada aktivitas peserta didik 84,37%  (baik), meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 93,75%  (sangat baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 96,87%  (sangat baik). Hasil belajar peserta didik siklus I pertemuan 1 rata-rata 60,31 (C), Meningkat pada siklus I petemuan 2 menjadi 73,59 (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 86,95 (B). Dapat disimpulkan bahwa media audio visual dan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dan akar pangkat dua di SDN 08 Kinali Kabupaten Pasaman Barat.

Published
2022-05-23