Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Penyajian Data di Kelas IV SDN Gugus 01 Mekar Karya Dharmasraya

  • Dina Aryanti Universitas Negri Padang
  • Syafri Ahmad Universitas Negeri Padang
Keywords: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar penyajian data di kelas IV SDN Gugus 01 Mekar Karya Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan  rancangan penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SDN Gugus 01 Mekar Karya Dharmasraya. Teknik pengambilan sampel adalah dengan clauster random sampling, sehingga terpilih sebagai kelas eksperimen adalah SDN 01 Koto Salak dan sebagai kelas kontrol adalah SDN 05 Koto Salak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dalam bentuk piliha ganda yang sudah melewati tahap validitas oleh validator dan uji coba soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. diperoleh thitung = 5,61 dan ttabel = 2,039 dengan taraf nyata 0,05. Dengan demikian thitung > ttabel dengan 5,61 > 2,039 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang segnifikan pada pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar Penyajian data di Kelas IV SDN Gugus 01 Koto Salak Dharmasraya.

Published
2022-05-23