Peningkatan Hasil Belajar Menjelaskan Data Diri Peserta Didik dan Lingkungannya yang Disajikan dalam Bentuk Diagram Batang di Kelas IV SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SDN 10 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik di kelas IV sebanyak 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I pertemuan I pada RPP rata-rata 81,81% (Baik) dan siklus I pertemuan 2 adalah 86,36% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 93,18% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pertemuan I pada aktivitas guru rata-rata 84,37% (Baik) dan siklus I pertemuan 2 adalah 87,50% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pertemuan I dan siklus I pertemuan 2 pada aktivitas peserta didik rata-rata 84,37% (Baik) dan 87,50% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I pertemuan I dan pertemuan 2 rata-rata 67,05 (B-) dan 75,57 (B) meningkat pada siklus II menjadi 80,62 (B+). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang di kelas IV Sekolah Dasar.