Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle (IOC) di Kelas V UPT SDN 47 Koto Lamo Kabupaten Pesisir Selatan

  • Fitra Ramadani Universitas Negeri Padang
  • Elfia Sukma
Keywords: hasil belajar, pembelajaran tematik terpadu, model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle (IOC)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru dan peserta didik masih kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model Cooperative learning tipe Inside Outside Circle (IOC) untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas V UPT SDN 47 Koto Lamo Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas V. Hasil pengamatan rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 90,90% (Baik) dan meningkat menjadi 97,72% (Sangat Baik) pada siklus II. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I 90,62% (Sangat Baik) meningkat menjadi 97,91% (Sangat Baik) pada siklus II. Pada hasil pengamatan akitivitas peserta didik pada siklus I 88,54% (Baik) meningkat menjadi 97,91% (Sangat Baik) pada siklus II. Hasil belajar peserta didik untuk siklus I diperoleh nilai rata-rata 88,45 (Baik) meningkat di siklus II menjadi 97,06 (Sangat Baik). Dengan demikian, berdasarkan data penelitian yang didapat dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada tema 6 di kelas V UPT SDN 47 Koto Lamo Kabupaten Pesisir Selatan.
Published
2022-05-23