Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam PembelajaranTematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas IV SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas IV SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi.
Penelitian ini diksanakan di SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta peserta didik di kelas IV. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 3 minggu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 3 kali pertemuan yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata skor 82% dan pada siklus II diperoleh skor 94% (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 82,5% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 96% (Sangat Baik). Aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 80,5% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 96% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 73,5 (Cukup) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82 (Baik). Dengan demikian model kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.