Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative learning Tipe Make A Match di Kelas VB SDN 21 Payakumbuh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Make A Match di kelas VB SDN 21 Payakumbuh. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 21 Payakumbuh dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta siswa di kelas VB. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 3 minggu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata 80,5% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 94% (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 82% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 93% (Sangat Baik). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 84% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 96% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 78 (Cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 86 (Baik). Dengan demikian model Cooperative Learning Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.