Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining di Kelas IV SDN 07 Teladan Bukittinggi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV SDN 07 Teladan Bukittinggi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: 1) Penilaian RPP siklus I yaitu 79,32% (cukup) dan meningkat pada siklus II yaitu 97,72% (sangat baik), 2) penilaian aspek guru pada siklus I yaitu 83,93% (baik) dan siklus II yaitu 96,42% (sangat baik), 3) penilaian aspek peserta didik pada siklus I yaitu 80,35% (baik) dan siklus II yaitu 96,42% (sangat baik). 4) hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 46,15% (kurang) dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 88,46% (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif Tipe student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.