Penerapan Model Attention, Relevance, Convidence, Satisvaction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, disebabkan pada proses pembelajaran terpusat pada guru (teacher center), peserta didik kurang focus dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Penelitian tindakan kelas (PTK) meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas IV SDN 09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 88,18% (baik) dan siklus II 95,45% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 81, 25% (baik) dan siklus II 95% (sangat baik), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 81, 25% (baik), dan siklus II 95% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 73,82 (Cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 83,33 (Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model, Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik.