Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Script Di Kelas IV SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi

  • Nazhifah Rahmi Universitas Negeri Padang
  • Yunisrul
Keywords: Hasil Belajar,, Tematik Terpadu,, Model Cooperative Script

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Script di kelas IV SD Negeri 05 Birugo Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas IV yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada : a) RPP siklus I rata-rata 81% kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 94% kualifikasi sangat baik, b) Pelaksanaan aktivitas guru pada siklus I rata-rata 82% kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 94% kualifikasi sangat baik, sedangkan pada pelaksanaan aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 81% kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 94% kualifikasi sangat baik, c) Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 78% kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 86% kualifikasi baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SD Negeri 05 Birugo Bukittinggi.

Published
2022-06-01