Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Di Kelas V SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan yang ditemukan di sekolah, yaitu hasil belajar peserta didik yang rendah, minimnya guru dalam mengembangkan model pembelajaran yang membuat peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran, pembelajaran masih berpusat kepada guru atau teacher centered, peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran dan kurang percaya diri saat menyampaikan pendapat, peserta didik juga kurang percaya diri untuk saling berbagi informasi dengan temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini dilaksananakan dengan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di kelas V SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 16 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I di mulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 81,77% (B) dan siklus II menjadi 93,18% (SB), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 85,93% (B) dan siklus II 93,75% (SB), sedangkan pelaksanaan aspek siswa siklus I rata-rata 84,37% (B), dan siklus II menjadi 93,75% (SB), c) Penilaian terhadap hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 72,21 dan siklus II rata-rata 86,03. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.