Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Strategi Card
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan strategi Card Sort.Subjek penelitian ini adalah guru beserta peserta didik di kelas IV dengan peserta didik 12 orang terdiri dari 8 orang perempuan dan 4 orang laki-laki. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 3 minggu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan non tes. Instrumen penilaian penelitian ini adalah lembar observasi, lembar soal, lembar pengamatan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata skor 80,5% dengan kategori baik (B) dan pada siklus II diperoleh skor 94% dengan kategori sangat baik (A). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 84% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 95% dengan kategori sangat baik (A). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 82% dengan kategori baik (B), dan pada siklus II meningkat menjadi 92% dengan kategori sangat baik (A). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 78 dengan kategori cukup (C) dan pada siklus II meningkat menjadi 87 dengan kategori baik (B). Dengan demikian strategi Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Tematik Terpadu, Strategi Card Sort