Penggunaan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

  • Khairahayati Universitas Negeri Padang
  • Zuardi
Keywords: Model Discovery Learning, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perencanaan pembelajaran, RPP, serta penggunaan model dalam pembelajaran tematik terpadu yang belum optimal sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model Discovery Learning di kelas IV SD Negeri 19 Ambacang Anggang Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Rancangan penelitian meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I 81,7% (baik) dan siklus II 93,1% (sangat baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I 82,8% (baik) dan siklus II 96,8% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I 82,8% (baik) dan siklus II 96,8% (sangat baik), c) hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh dengan rata-rata 75 dan siklus II dengan rata-rata 90,82. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Published
2022-06-01