Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas IV SDN 07 Pancung Soal Pesisir Selatan
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah. Dan pada pelaksanaan pembelajarannya belum menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat peserta didik. Sehingga pada pembelajaran masih terkesan kaku dan pada aspek penilaiannya lebih enekankan kepada pengetahuan, sedangkan aspek penilaian dan keterampilan masih kurang terlihat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model cooperative learning tipe make a match di kelas IV UPT SDN 07 Pancung Soal Pesisir Selatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik kelas IV sebanyak 16 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus.
Hasil penelitian ini yaitu : (1) RPP pada siklus I pertemuan 1 dengan rata-rata 75% (C), siklus I Pertemuan 2 dengan rata-rata 82,5% (B), dengan rata-rata siklus 1 dan 2 78,75% (C), dan pada siklus II meningkat menjadi 95% (SB). Sedangkan rekapitulasi RPP pertemuan I dan II adalah 85,62%. (2) Aspek guru pada siklus I pertemuan 1 75% (C), Siklus 1 pertemuan 2 82,5% (B), meningkat pada siklus II (95%) dan rekapitulasi siklus I dan II adalah 84% (3) Aspek peserta didik pada siklus I pertemuan 1 75% (C), siklus I pertemuan 2 82,5% (B), dan meningkat pada siklus II 92,5% (B). dengan rekapitulasi siklus I dan II menjadi 83,25% (4) Hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 71,48% meningkat pada siklus II menjadi 87,87%.