Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sd Negeri O7 Sikabu Munto Pesisir Selatan

  • Maya Rama Yani Universitas adzkia
  • Ade Irma Suryani Universitas Adzkia
Keywords: strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan guru kurang optimal membuka skema pembelajaran peserta didik pada awal kegiatan membaca , peserta didik sulit berkosentrasi saat membaca teks karena banyak peserta didik yang tidak menggunakan teknik membaca dengan benar, peserta didik mengalami kesulitan dalam menyimpulkan isi teks sehingga banyak hasil nilai keterampilan membaca peserta didik yang tidak tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Negeri 07 Sikabu Munto Pesisir Selatan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis True Experimental Design dengan rancangan posttest-only control design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V semester I SD Negeri  7 Sikabu Munto Pesisir Selatan yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan lembar keterampilan membaca. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data. Berdasarkan analisis data yang diperoleh hasil pengujian terdapat data dari kelas yaitu berdistribusi normal dan homogen. Selanjtnya dilakukan uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan thitung = 2.722 dan ttabel = 1.688. Berdasarkan pengujian thitung ˃ttabel (2.722˃1.688) maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan guru kurang optimal membuka skema pembelajaran peserta didik pada awal kegiatan membaca , peserta didik sulit berkosentrasi saat membaca teks karena banyak peserta didik yang tidak menggunakan teknik membaca dengan benar, peserta didik mengalami kesulitan dalam menyimpulkan isi teks sehingga banyak hasil nilai keterampilan membaca peserta didik yang tidak tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Negeri 07 Sikabu Munto Pesisir Selatan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis True Experimental Design dengan rancangan posttest-only control design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V semester I SD Negeri 7 Sikabu Munto Pesisir Selatan yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan lembar keterampilan membaca. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data. Berdasarkan analisis data yang diperoleh hasil pengujian terdapat data dari kelas yaitu berdistribusi normal dan homogen. Selanjtnya dilakukan uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan thitung = 2.722 dan ttabel = 1.688. Berdasarkan pengujian thitung ˃ttabel (2.722˃1.688) maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Published
2022-05-20