Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Secara Daring (Dalam Jaringan) Menggunakan Model Station Rotation Learning Pada Kelas V SDN 010/XI Pondok Agung
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu secara daring dengan menggunakan Station Rotation Learning pada kelas V SDN 010/XI Pondok Agung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan yaitu kualititatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SDN 010/XI Pondok Agung yang mana terdapat sebanyak 10 orang peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan tiga kali pertemuan. Hasil pengamatan perencanaan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 83,33% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,83% (SB). Pada pelaksanaan pembelajaran siklus I aspek guru memperoleh nilai rata-rata 81,24% (B), meningkat pada siklus II menjadi 91,67% (SB). Sedangkan aspek peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 83,33% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,83% (SB). Maka disimpulkan bahwa model Station Rotation Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu secara daring di kelas V SDN 010/XI Pondok Agung.