Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SDN 05 Jaruai Bungus Teluk Kabung Kota Padang
Abstract
Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini yaitu nilai karakter apa saja yang terlihat pada proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat penerapan nilai-nilai karakter pada proses pembelajaran tematik terpadu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Data penelitian ini dikumpukan dengan cara melakukan wawancara, menyebar angket, dokumentasi dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini didapatkan pada penelitian lapangan yang di lakukan di SDN 05 Jaruai Bungus Teluk Kabung Kota Padang tahun ajaran 2021/2022 yaitu Adapun nilai karakter yang dominan terlihat didalam proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 05 Jaruai Bungus Teluk Kabung Kota Padang adalah nilai karakter religius, jujur, peduli, tanggung jawab dan disiplin. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil instrument yang penulis pakai saat proses pembelajaran tematik terpadu, terdapat nilai karakter religius terdapat sebanyak 83% data, nilai karakter jujur terdapat sebanyak 78% data, nilai karakter disiplin terdapat sebanyak 75% data, nilai karakter tanggung jawab terdapat sebanyak 90% data, dan nilai karakter peduli terdapat sebanyak 79% data peserta didik yang menerapkan nilai – nilai karakter di kelas V SDN 05 Jaruai Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Kriteria penerapan nilai – nilai karakter di SDN 05 Jaruai Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Karakter yang baik terbentuk dari sekarang akan sangat menentukan karakter bangsa dikemudian hari. Karakter akan terbentuk dengan baik, jika karakter tersebut selalu diimplementasikan dengan baik dikehidupan peserta didik.Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini yaitu nilai karakter apa saja yang terlihat pada proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat penerapan nilai-nilai karakter pada proses pembelajaran tematik terpadu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Data penelitian ini dikumpukan dengan cara melakukan wawancara, menyebar angket, dokumentasi dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini didapatkan pada penelitian lapangan yang di lakukan di SDN 05 Jaruai Bungus Teluk Kabung Kota Padang tahun ajaran 2021/2022 yaitu Adapun nilai karakter yang dominan terlihat didalam proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 05 Jaruai Bungus Teluk Kabung Kota Padang adalah nilai karakter religius, jujur, peduli, tanggung jawab dan disiplin. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil instrument yang penulis pakai saat proses pembelajaran tematik terpadu, terdapat nilai karakter religius terdapat sebanyak 83% data, nilai karakter jujur terdapat sebanyak 78% data, nilai karakter disiplin terdapat sebanyak 75% data, nilai karakter tanggung jawab terdapat sebanyak 90% data, dan nilai karakter peduli terdapat sebanyak 79% data peserta didik yang menerapkan nilai – nilai karakter di kelas V SDN 05 Jaruai Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Kriteria penerapan nilai – nilai karakter di SDN 05 Jaruai Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Karakter yang baik terbentuk dari sekarang akan sangat menentukan karakter bangsa dikemudian hari. Karakter akan terbentuk dengan baik, jika karakter tersebut selalu diimplementasikan dengan baik dikehidupan peserta didik.