Studi Literatur Penerapan Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini diletarbelakang dengan permasalah yang mencakup yaitu kurangnya minat baca siswa , rendah nya minat siswa datang ke perpustakaan siswa lebih tertarik bermain dengan dari pada pergi keperpustakaan dan siswa kurang tertarik untuk membaca berbagai ragam jenis teks.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan gerakan literasi disekolah dasar khususnya dalam 6 Tahun terakhir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. penulis mengumpulkan lebih dari 30 referensi terkait penerapan gerakan literasi disekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui studi literatur. Hasil penelitian ini didapatkan pada jurnal-jurnal tentang penerapan gerakan literasi di sekolah dasar yang terbit pada 6 tahun terakhir. Berdasarkan hasil ulasan dari jurnal-jurnal tersebut bahwa dalam penerapan gerakan literasi sekolah dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan melakukan kegiatan membaca 15 menit sebelum belajar, melakukan kegiatan B3 (baca buku berjenjang), menambah buku yang manarik,membuat pojok baca,membuat mading,kunjungan perpustakan dan membuat jadwal gerakan literasi disekolah dasar.