Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas IV SDN 07 Sikabu Munto Kabupaten Pesisir Selatan
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa khususnya karangan narasi. Hal ini disebabkan karena dalam menulis karangan narasi siswa kesulitan dalam mengekspresikan ide serta menuangkan pikirannya siswa dalam bentuk tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan “peningkatan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media gambar seri pada siswa kelas IV SDN 07 Sikabu Munto Kabupaten Pesisir Selatan”. Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dalam empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian dari lembar obeservasi, aspek guru dan siswa, lembar penilian, subjek penilian penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan narasi dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu prapenulisan, penulisan, pascapenulisan. Hasil belajar siswa pada tahap prapenulisan siklus 1 persentase 60%, meningkat pada siklus II dengan persentase 82%, pada tahap penulisan siklus I persentase 62%, meningkat pada siklus II dengan persentase 80%, pada tahap pascapenulisan siklus I persentase 56%, meningkat pada siklus II dengan persentase 80% pada pengamatan terjadi peningkatan pada proses pembelajaran. Berdasarkan hasil belajar penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media gambar seri.