Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament ( TGT) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri 26 Air Tawar Timur Kota Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 26 Air Tawar Timur Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan 16 orang peserta didik kelas IV SD Negeri 26 Air Tawar Timur Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan 2x pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1x pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil pengamatan perencanaan siklus I 81,94% (B), meningkat pada siklus II 97,22% (SB). Hasil pengamatan aspek guru siklus I 87,49% (B), meningkat pada siklus II 95,83% (SB). Hasil pengamatan aspek peserta didik siklus I 89,58% (B), meningkat pada siklus II 95,83% (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I 83,06% (B), meningkat pada siklus II 93,37% (SB). Pelitian menunjukan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 26 Air Tawar Timur Kota Padang.