Penggunaan Model Cooperative Script dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

  • Reska Sri Harida Universitas Negeri Padang
  • Zuardi
Keywords: hasil belajar, tematik terpadu, model cooperative script

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu belum terlaksana secara efektif dan optimal sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Script di kelas V SDN 19 Ambacang Anggang Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif pada peserta didik kelas V. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dibuktikan dari hasil analisis a) rata-rata RPP siklus I yaitu 81,94% (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (SB), b) pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru, siklus I 81,25% (B) meningkat pada siklus II 93,75% (SB) dan pada aspek peserta didik siklus I 78,12% (B) meningkat pada siklus II 90,62% (SB). c) Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai 79,34 (C) dan meningkat pada siklus II menjadi 90,19 (B). Dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 19 Ambacang Anggang Kabupaten Pasaman.

Published
2022-06-09