Peningkatan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Serta Hubungan Pangkat Tiga dengan Akar Pangkat Tiga Menggunakan Model Discovery Learning

  • Aisyah Putri Fahmi Universitas Negeri Padang
  • Syafri Ahmad
Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian pada pembelajaran volume bangun ruang serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga di Kelas V ini dilatar belakangi oleh pembelajaran matematika yang kurang terlaksana dengan baik, pada pelaksanaanya guru belum menggunakan model pembelajaran dan kurang memupuk kemampuan memecahkan masalah kepada peserta didik. Akibatnya peserta didik kurang mampu menyelesaikan pemecahan masalah yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar volume bangun ruang serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga menggunakan model Discovery Learning.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 23 Guguak Randah sebanyak 16 orang peserta didik. Untuk mengetahui keberhasilan rencana pelaksanan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar dapat diperoleh dengan lembar observasi dan tes.

Hasil penelitian dilihat dari aspek RPP di siklus I pertemuan 1 77,78% (C), siklus I pertemuan 2 menjadi 88,89% (B) dengan rata – rata 83,33% (B), dan siklus II 94,44% (SB). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I pertemuan 1  78,12%, sikus I pertemuan 2 87,5% (B) dengan rata – rata 82,81% (B) dan siklus II 93,75% (SB). Aspek peserta didik siklus I pertemuan 1 78,12%, siklus I pertemuan 2 84,37% dengan rata – rata 81,24% (B), dan siklus II 93,75% (SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar volume bangun ruang serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga di sekolah dasar.

Published
2022-06-03