Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Dengan Model Time Token Di Sekolah Dasar

  • Suci Aulia Rahmi universitas negeri padang
  • Yunisrul
Keywords: Peningkatan hasil belajar, tematik terpadu;, model Time Token

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  peningkatan hasil belajar tematik terpadu. Penelitian dilakukan di SD N 10 Sapiran Kota Bukittinggi menggunakan model pembelajaran Time Token. Subjek penelitian adalah guru (praktisi) dan 12 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I pertemuan I 75% (C), siklus I pertemuan II 86%  (B) dengan rata-rata 80,1 (B) dan siklus II  94 % (A), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I pertemuan I 78 % (B),siklus I pertemuan II 88 % (B) dengan rata-rata 83 % (B), dan siklus II 94 % (A), sedangkan pada aspek peserta didik siklus I pertemuan I 75% (C), siklus I pertemuan II 84% (B) dengan rata-rata 83% (Baik), dan siklus II 94% (A), c) Penilaian terhadap peserta didik pada siklus I pertemuan I 75% siklus I pertemuan II 84 dengan rata-rata 80 dan siklus II memperoleh rata-rata 97. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Time Token dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.

Kata kunci : Peningkatan hasil belajar tematik terpadu; model Time Token

Published
2022-06-09