Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Dengan Model Time Token Di Sekolah Dasar
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu. Penelitian dilakukan di SD N 10 Sapiran Kota Bukittinggi menggunakan model pembelajaran Time Token. Subjek penelitian adalah guru (praktisi) dan 12 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I pertemuan I 75% (C), siklus I pertemuan II 86% (B) dengan rata-rata 80,1 (B) dan siklus II 94 % (A), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I pertemuan I 78 % (B),siklus I pertemuan II 88 % (B) dengan rata-rata 83 % (B), dan siklus II 94 % (A), sedangkan pada aspek peserta didik siklus I pertemuan I 75% (C), siklus I pertemuan II 84% (B) dengan rata-rata 83% (Baik), dan siklus II 94% (A), c) Penilaian terhadap peserta didik pada siklus I pertemuan I 75% siklus I pertemuan II 84 dengan rata-rata 80 dan siklus II memperoleh rata-rata 97. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Time Token dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.
Kata kunci : Peningkatan hasil belajar tematik terpadu; model Time Token