Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Lerning Di Kelas IV SD Negeri 07 Teladan Bukittinggi
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dalam pembelajara tematik terpadu menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SD Negeri 07 Teladan Bukittinggi. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek Penelitian adalah guru dan 20 orang peserta didik kelas IV SD Negeri 07 Teladan Bukittinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yaitu : a) RPP silkus I 80,68% dan siklus II 93,18%, b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I 79,68% dan siklus II 90,62 %, c) Aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I 79,68% dan siklus II 90,62%, d) Penilaian hasil belajar peserta didik pada siklus I 70% dan siklus II 95%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.