Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Mengggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization di Kelas IV SDN 23 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat

  • Dela Anisa Universitas Negeri Padang
  • Arwin Arwin Universitas Negeri Padang
Keywords: Hasil belajar, Tematik Terpadu, Model Team Assisted Individualizatio

Abstract

Berdasarkan hasil observasi bahwa hasil pembelajaran yang diperoleh peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar belum maksimal. Ini disebabkan karena dalam kegiatan pembelajaran belum berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peseta didik menggunakan model TAI dalam pembelajaran tematik terpadu.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yakni siklus I dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan sedangkan siklus II dilaksanakan dengan 1 kali pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Subjek peneltian adalah semua peseta didik kelas IV  SD Negeri 23 Pasaman dengan 12 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan non tes.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I adalah 79,5%(C) dan meningkat pada siklus II menjadi 93,18% (SB). Ini juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I yaitu 81,25% (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,5% (SB). Pada aspek peserta didik didapat rata-rata siklus I adalah 78,75% (C) meningkat pada siklus II menjadi 90% (SB). Pada hasil belajar peserta didik rata-rata siklus I yakni 76,63 meningkat pada siklus II menjadi 87,37 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan meggunakan model Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV.

 

Published
2022-06-11