Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas V SDN 02 Sariak Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN 02 Sariak Laweh. Hal ini disebabkan karena guru jarang menggunakan model pembelajaran yang membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran, minimnya kegiatan kerjasama antar peserta didik, dan kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray di kelas V SDN 02 Sariak Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 28 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Pada setiap siklus meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata persentase 90,91% (SB) dan siklus II 95,45% (SB); b) pelaksanaan proses pembelajaran aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 83,93% (B) dan siklus II 92,86% (SB); c) pelaksanaan aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 83,93% (B) dan siklus II 92,86% (SB); d) hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 73,65 (C) dan siklus II 83,01 (SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu peserta didik di sekolah dasar.