Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas II SDN 01 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota

  • Tasya Haryazeti universitas negeri padang
  • Syafri Ahmad Universitas Negeri Padang
Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik Terpadu, Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu karena proses pembelajaran yang belum terlaksana secara maksimal. Hal ini dikarenakan kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran dan guru belum menggunakan model pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) Kelas II SDN 01 Sarilamak Kabupaten Liam Puluh Kota. Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II. Hasil pengamatan rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I 88,63% (Baik) dan meningkat menjadi 95,45% (Sangat Baik) pada siklus II. Hasil pengamatan aktivitas guru siklus I 89,58% (Baik) meningkat menjadi 95,83% (Sangat Baik) pada siklus II. Hasil pengamatan aktivitas peserta didik siklus I 83,33% (Baik) meningkat menjadi 95,83% (Sangat Baik) pada siklus II. Hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 72,61 (Cukup) meningkat menjadi 88,72 (Baik) pada siklus II.

Published
2022-06-19