Pengembangan Media Diorama Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Sumber Daya Alam Kelas IV Sekolah Dasar

  • Meta Purnama Sari universitas adzkia
Keywords: Media Diorama, Discovery Learning, Materi Sumber Daya Alam, Validitas, Praktikalitas

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu guru belum memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi, guru belum menggunakan media yang bervariasi untuk menumbuhkan gairah belajar siswa dalam belajar visual, guru banyak menggunakan metode ceramah serta media yang ditampilkan guru hanya menggunakan gambar dari kertas karton selembar saja bahkan hanya menggunakan buku tema atau buku siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri atas tahap pendefinisian (define,) tahap perancangan(design), tahap pengembangan (development),dan tahap penyebaran (disseminate). Hasil penelitian pengembangan media diorama berbasis discovery learning dengan tiga orang validator dosen Universitas Adzkia, satu orang guru dan 24 orang siswa. Penelitian menunjukkan validitas media berada pada kriteria “sangat valid” dengan rata-rata hasil validasi sebesar 87,1%. Praktikalitas media berada pada sangat praktis dengan rata-rata hasil praktikalitas 93,05%. Dapat disimpulkan bahwa media diorama berbasis discovery learning untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar yang peneliti kembangkan sudah sangat valid dan sangat praktis.

Published
2022-06-19