Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Di Kelas IV SDN 15 Muaro Takung Kabupaten Sijunjung

  • Monika Heldiana Universitas Negeri Padang
  • Arwin
Keywords: Talking Stick, Cooperative Learning, Hasil Belajar, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang terdapat pada aspek RPP, guru dan peserta didik.Hal tersebut menyebabkan belum maksimalnya proses pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan tidak mencapai hasil yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Talking Stick di sekolah dasar.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengkombinasikan pendekatan kualitatif dan kua ntitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan 28 orang peserta didik, yang terdiri dari 14 orang peserta didik laki-laki dan 14 orang peserta didik perempuan. Guru sebagai praktisi dan peneliti sebagai observer yang mengamati penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan dari siklus I pertemuan I sampai ke siklus II. Presentase rata-rata pengamatan RPP pada siklus I 80,55% dengan kualifikasi Baik meningkat menjadi 94,44% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, presentase untuk aspek guru pada siklus I yaitu 83,33% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 94,44%  pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik dan presentase untuk aspek peserta didik  pada siklus I yaitu 83,33% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 94,44% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Sedangkan dari hasil belajar peserta didik, pada siklus I nilai rata-ratanya 72,40 dengan kualifikasi cukup (dengan presentase ketuntasan pertemuan I 60,71% dan pertemuan II 78,57%) meningkat menjadi 86,04 dengan kualifikasi baik (dengan presentase ketuntasan 96,42%) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 15 Muaro Takung Kabupaten Sijunjung.

Published
2022-07-05