Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Project Based Learning Pada Tema 8 Kelas IV SD Di Kecamatan Baso
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan ajar yang kurang melaksanakan kegiatan proyek. Penggunaan bahan ajar kelas IV SDN 01 Baringin Anam masih menuntut pada Teacher Centered, guru masih belum mampu menggunakan bahan ajar sebagai sarana kegiatan belajar kelompok dan belum mampu memberikan motivasi bertanya kepada peserta didik. Untuk itu perlu dikembangkan bahan ajar yang berorientasi model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar tematik dengan model Project Based Learning pada tema 8 untuk peserta didik kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Penelitian ini dilakukan di SDN 01 Baringin Anam dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD. Data penelitian uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar. Data kepraktisan dikumpul melalui lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket respon guru dan peserta didik. Keefektifan dilihat dari aktivitas, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan uji validitas, diperoleh data bahwa persentase rata-rata bahan ajar diperoleh 94,86% dari validator ahli dan validator praktisi dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP dengan persentase 95% dengan kategori sangat praktis. Penilaian respon guru diperoleh 97,03% dan penilaian respon siswa 92,30% dengan kategori sangat praktis. Penilaian aktivitas siswa diperoleh 83,5% kategori aktif sekali. Penilaian hasil belajar diketahui bahwa persentase ketuntasan hasil di atas KKM. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik dengan model Project Based Lerning untuk peserta didik kelas IV SD sudah valid, praktis, dan efektif.