Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 10 Lubuk Begalung Padang

  • Fitria Indriyani Universitas Negeri Padang
  • Mansurdin
Keywords: Model Cooperative Learning tipe Talking Stick,, Tematik Terpadu, Hasil Belajar.

Abstract

Peneletian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di Kelas IV SDN 10 Lubuk Begalung Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data penelitian berupa observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 27 orang. Hasil penelitian RPP siklus I dengan rata-rata 83,4% (Baik) dan siklus II 97,2% (Sangat Baik), pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 83,4% ( Baik) dan siklus II 97,2% (Sangat Baik), sedangkan pelaksanaan pembelajaran pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 83,4% (Cukup) dan siklus II 97,2% (Sangat Baik). Penilaian sikap siklus I di kategorikan (Baik) dan di siklus II menjadi (Sangat Baik). Hasil belajar siswa siklus 1 dengan rata rata nilai 79,77 (Baik) dan siklus II 89,4 (Baik), sedangkan persentase ketuntasan siklus I 74,1% (Cukup) dan siklus II dengan 96,2% (Sangat Baik). Dapat disimpulkan pada penelitian menggunakan model Cooperative Learning Tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu dikelas IV Sekolah Dasar.

Published
2022-06-28