Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Di Kelas IV SDN 23 Guguak Randah Agam

  • Nadira Istifa Universitas Negeri Padang
  • Nur Azmi Alwi
Keywords: Model Cooperative Learning Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik Terpadu

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang ditemukan di sekolah, yaitu masih belum aktifnya siswa dalam belajar, pembelajaran masih bersifat pasif sehingga siswa menjadi pendiam dan kurang termotivasi dalam melakukan pembelajaran serta kurangnya kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan ide-ide dan hasil kerjanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model Cooperative learning Tipe Two Stay Two Stray di kelas IV SDN 23 Guguak Randah Kabupaten Agam. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumah 26 orang yang diantaranya 11 orang siswa perempuan dan 5  orang siwa laki-laki. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan  non  tes. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Pendekatan yang digunakan yiatu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Pada setiap siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian siklus I RPP rata-rata 83,33% dengan kualifikasi (B) dan siklus II rata-rata 94,44% engan kualifikasi (SB). Pelaksanaan proses pembelajaran aspek guru siklus I rat-rata 87,49%, dengan kualifikasi (B) dan siklus II rata-rata 96,87% dengan kualifikasi (SB), pelaksanaan aspek siswa siklus I rata-rata 87,49% dengan kualifikasi (B) dan siklus II rat-rata 96,87% dengan kualifikasi (SB), hasil belajar siswa siklus I rata-rata 74,9 dengan kualifikasi (C) meningkat pada siklus II 81,6 dengan kualifikasi baik (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu siswa di Sekolah Dasar.

Published
2022-06-30