Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo Materi Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar

  • Dewi Anjani Fahmi Nasution Universitas Negeri Padang
  • Yetti Ariani
Keywords: Media pembelajaran, Edmodo, Model ADDIE

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran berbasis edmodo pada pelajaran penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda. Media pembelajaran edmodo hanya dijadikan sebagai wadah pemberian tugas dan pencarian video interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis edmodo pada materi penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda di kelas V sekolah dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek ujicoba dalam penelitian ini yaitu 10 peserta didik kelas V B shift 1 SDN 01 Benteng Pasar Atas berdasarkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa  rata – rata tingkat kevalidan secara keseluruhan adalah 92,36 % dalam kategori “sangat valid”. Sedangkan hasil uji praktikalitas angket respon guru sebesar 87.50% kategori “ sangat praktis” dan uji praktikalitas respon peserta didik sebesar 86.25%  kategori “sangat praktis”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis berbasis edmodo pada materi penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda di kelas V sekolah dasar telah dinyatakan valid dan praktis digunakan.

Published
2022-06-28